Selasa, 24 Januari 2012

TIPS BIAR JADI GAUL ATAU TENAR

Tenar, gaul, kuper, cupu itu hanya sekedar pilihan hidup bro
Kamu kurang gaul? pasti gak enak kan dibilanng anak cupu, ya bukannya apa-apa sih menurutku masa muda emang kudu diisi dengan hal-hal yang bisa membuat kamu eksis, karena rumusnya orang-orang yang bakal menjadi pusat perhatian itu : yang paling pinter, paling cantik, paling badung sering bikin kasus atau paling aneh.
Tinggal pilih saja, pilihan ada di tanganmu koq, parahnya pinter, cantik or ganteng ntu genetis, artinya bawaan orok, mau  pilih opsi paling badung? Jangan deh, sayang banget kalo masa muda loh diisi hal-hal yang gak bangget, bukannya apa-apa, kasian ame emak kamu  yang menaruh harapan besar ke kamu, kalo ujung-ujungnya jadi preman sekolah, bikin ilfill makhluk berotak tau, artinya kalo ada cewe or cowo demen kamu karena kamu badung, wah tuh anak kudu ngunjungi prakteknya dokter boyke deh!
Eits jangan patah arang (kurang kerjaan banget ya nih pribahasa arang koq dipatah-patahin)  bisa milih opsion yang paling ujung, alias jadilah orang aneh :
Orang aneh itu adalah orang yang banget menentang arus, tapi yang kudu ditekenin adalah arus yang positif tau, emang ada arus yang negatif?
Ya eyalah, secara dalam hukum fisika arus ntu bergerak dari positif ke negatif, ini mengandung filosofi kalo manusia itu pada dasarnya baik, perjalanan kehidupanlah  yang membuat jadi sedeng atau justru makin baik. Oke kita kembali ke topik, maksud menentang arus itu gini, arus itu bergerak ke arah negatif bukan? Jadi elo kudu bisa bergerak ke arah positif, makin positif ya makin bagus, penerapan dalam kehidupan bersekolah adalah sebagai berikut :
a.    Biasanya sekolah masuk jam 7 bukan? Bisa nggak kamu jam 6.30 udah stay di sekolah, kalo perlu saban hari dah kamu tukang mbukain gerbang sekolah, itung-itung dapet dua kebaikan, jd orang perdana yang nungul di sekolah ples meringankan beban pak satpam yang saban hari kudu narik ulur gerbang sekolah, kerja gituan kadang bikin boring tau yakin dah sebulan ajah kamu istikomah jadi cowok gerbang, satu sekolah bakal kenal kamu. Jadin deh siswa tenar, walau nih ya walau muka kamu pas-pasannnn banget.
b.    Di pojok-pojok kebun atau pojokan kelas kan sering dipasang tulisan gede-gede yang full color “buanglah sampah pada tempatnya” “jangan buang sampah sembarangan” de el el  kalimat yang bernada sama lah, tapi parahnya masiiiih ajah banyak yang suka buang sampah sembarangan, emang anak gak pernah makan sapu ijuk kali ya, nah tugas kamu deh yang munguti sampah yang berserakan di seantero sekolah, gak perlu lebay bawa tong sampah, ntar malah disangka tong sampah ngangkut  tong sampah, nah looo, cukup bawa kantong kresek, biar kelihatan efek dramatis tuh kresek sampah kalungin ajah pake tali rapiah ke leher, jalan deh sambil mungutin sampah, kalo kamu bisa bertahan minimal dua minggu saja, sim salabim , suer deh kamu mendadak tenar! Kalo gak percaya iris deh telinga mang sarmadi.
c.    guru itu kerjanya beraaat banget, bener-bener ekstra power deh karena ngadepin anak-anak yang “ideal” kaya kamu, bayangkan yang kaya kamu sekelas ada 7 orang, ngajar di 10 kelas, saban hari minimal 4 kelas dimasukin, nah loh apa gak cape ngedepin 28 makhluk-makhluk spesial kaya kamu, tugas kamu adalah jreng jrengb jrengggggg tawarkan jasa pijit gratis dimanapun kamu ketemu gurumu, di kantor, di kantin, di mushola, di taman, pokoknya uberrrrr  terus deh guru-guru yang butuh tenagamu, cara ini juga efektif mengkatrol nilai kamu, yakin deh gak ada guru yang nolak dipijit gratis, wong aku ajah demen banget dipijit koq. Lakukan kebiasaan aneh eh kebiasaan baik ini minimal 3 minggu, jadilah dirimu buah bibir guru-gurumu, guru itu kalo lagi seneng suka cerita-cerita ke depanmuridnya  pasti deh kamu masuk ke deretan manusia-manusia yang layak diceritakan depan kelas. Tenarrr dehhhh
d.    cari sendiri ya? PR dehhh banyak koq, aku ajah nemu 27 koq.
Oke-oke kamu mungkin protes dengan tips di atas, makanya aku tawarin tips berikutnya, sumpah deh kagak ada yang ngejerumusin, semuanya bagus banget kalo ditiru.
1.    Ikut kegiatan eksul,
Eksul? Duhhhh males banget, kan enakan juga tidur di rumah... pasti kan elu pada mikir gitu, eits jangan gitu dong, coba pikir gini ya, anak yang ikut ekskul entah itu pramuka, paskibra, pmr, pecinta alam, basket, catur, karambol, onet, soltaire, zuma eh salah ya ntu mah game komputer  cendrung memiliki jiwa lebih menghargai waktu, lebih disiplin, lebih manfaat, lebih lebih lebih dan lebih. Tapi pasti kamu mikir buat istirahat kan? Malah aku justru mikir gini,  otak  dan otot itu jangan sering menganggur, merunut pada hukum fisika tentang kelembaman, bahwa benda itu jika dibiarkan dalam posisi diam maka akan selalu diam, meski ada gaya yang bekerja di situ, efek diamnya masih berasa, pusing kan mahaminya, okeh bahasa sederhananya gini, tau vas bunga dooong,  Coba tarik taplak sekuat-kuatnya yang di atasnya ditaruh vas bunga, apa yang terjadi? Ya benarrrr, vas bunga akan berada di posisinya tanpa jatuh, ajaib??? Enggak juga. Ini mempunyai filosofi, orang malas itu susah untuk dibikin maju.
Jadi buat kamu dari pada banyak waktu yang pemanfaatannya kagak jelas, ikut dah eksul, aktif di sono, pakelah prinsip  jangan jadi orang baik, tapi jadilah yang terbaik, artinya kalo udah nyemplung di sono ya jangan tanggung-tanggung,  totalitas. Aktif di sana. Saban hari move on, wara-wiri gak karuan gak papa deh walau kagak ada yang dikerjain asal tampil eksis. Yakin deh jadilah kamu makhluk tenar.
2.    Be your seleb!
Pepatah be your self itu udah jadul, jauuuuuhhhh digunakan selagi fir’aun masih pake baju putih biru, sekarang jamannya be your seleb,
Kamu pasti mikir, pa’an seeeh???
Maksudnya berani tampil ala artis, artis itu pedenya luar biasa, kayanya modal utama artis itu ya pede, buktinya sule, kiwil yang mukanya ancur-ancuran ajah bisa eksis ntu karena pedenya luar biasa.
Tapi kan mereka punya bakat, pasti kamu mikir gitu kan?
Ya gali dong potensi kamu, kamu tau kan potesni yang tersimpan di diri kamu?  Kalo belum tau, tanya pada orang yang paling tau tentang kamu, siapa coba? Yaitu orang yang seringmemperhatikan  kamu, ya kamu sendiri! Kenali diri, gali potensi, masa sih kagak ada satupun potensi yang ada pada diri kamu, mustahil deh. Potensi + percaya diri akan menghasilkan packaging yang supernova, yakin deh. Coba ajah!

Indramayu, 25 Januari 2011 (pulang tahlil)

2 komentar:

  1. Mauidzoh yang luar biasa, Kanjeng Sunan...
    Ngestuaken dawuh... ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih gus, jadi semangat nulis lagi qiqiqiq

      Hapus